Rabu, 27 Januari 2010

Sarang semut obat 1001 penyakit


Tanaman obat yang akan dibahas sekarang adalah sarang semut, sudah pada tahu kan?
Sarang semut dengan nama ilmiah myrmecodia pendans merupakan tanaman yang didalamnya digunakan sebagai sarang semut. Didalamnya terdiri dari labirin yang digunakan semut sebagai liang untuk melakukan aktivitasnya. Sarang semut diperkenalkan pertama kali dipedalaman papua yang biasa digunakan sebagai obat oleh warga setempat, seperti suku-suku di bagondinin dan tolikara. Tanaman ini diolah sebagai bubur dan juga sebagai minuman dengan tujuan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Selain itu banyak juga yang menggunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit dalam.

Khasiat herbal yang dimiliki ditandai dengan kandungan zat-zat aktif seperti antioksidan, polifenol, dan glikosida yang terkandung didalamnya. Ketiga zat ini sangat membantu tubuh manusia untuk mengontrol beragam penyakit maut. Salah satunya sebagai imunostimulan untuk menambah kekebalan tubuh. Secara teknis zat imuno stimulan akan membantu dan melindungi sel-sel tubuh agar dapat menjalankan pekerjaan dengan baik. Bila sel berfungsi baik maka penyakit gangguan sel bisa dicegah dan diobati. Penyakit gangguan sel yang paling sering diterima tubuh adalah kanker.

Pada semut sendiri antioksidan berperan sebagai zat penting untuk proses pembentukan koloni. Selain itu juga sebagai benteng bagi tempat penyimpanan telur dari penyakit. Pada semut khasiat yang muncul kemungkinan besar berasal dari kelenjar liur semut yang berinteraksi dengan tanaman dan beberapa mikroba lainnya. Selain mencegah dan mengobati kanker, sarang semut juga efektif membantu penyembuhan berbagai macam penyakit gangguan jantung, ambeien, rematik, stroke, maag, gangguan fungsi ginjal dan prostat. Bahka pegal linu, melancarkan ASI, migren, melancarkan pembuluh darah, liver, dan meningkatkan gairah seksual. Ditambah lagi kandungan herbal yang dimiliki bisa menghambat enzim xantin oksidase yang bisa memicu asam urat dan radikal bebas.

Bagi penderita diabetes tanaman ini juga menjadi salah satu alternatif yang patut untuk dicoba. Alasannya kandungan zat yang dihasilkan semut akan menetralisir kadar gula dalam darah. Secar logika ini dimungkinkan sebab gula menjadi salah satu makanan semut dan dipastikan kandungan antibodi yang dimiliki terhadap senyawa gula sangat lengkap. Jadi lawan gula secara alami dengan zat yang dimiliki oleh semut lewat sarangnya. Sebab meski memakan gula, semut tidak terkena diabetes.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Obat Herbal Indonesia Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template