Jumat, 22 Januari 2010

Daun Jambu Biji (psidii Folium) sebagai Obat Diare


Obat herbal yang akan dibahas kali ini adalah daun jambu biji (psidii Folium) sebagai obat diare, yang telah dikenal luas dimasyarakat. Tapi tidak ada salahnya kita membahas kembali.

Saya rasa anda pasti tahu daun jambu biji, kalau belum tahu saya akan mendeskripsikan sedikit mengenai daun jambu biji. Daun tunggal, bertangkai pendek, helai daun berbentuk bundar telur agak menjorong atau bulat memanjang, pinggir daun rata agak menggulung ke atas, permukaan atas agak licin, waran hijau agak kelabu dan bertulang menyirip.

Efek farmakologi
Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak air daun jambu biji memiliki efek antidiare melalui 3 aktivitas yaitu antiamuba, antibakteri dan antispasmodik. Ekstrak etanol daun jambu biji juga menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap enterobakteria. Ekstrak air, ekstrak heksan dan ekstrak metanol daun jambu biji semuanya menunjukkan aktivitas spasmolitik invitro.
Ekstrak etanol daun jambu biji menghambat kontraksi spontan ileum dan menghambat sekresi asetilkolin lambung. Kandungan kuersetin, dan glikosida kuersetin dalam daun jambu biji terbukti menghambat kontraksi ileum melalui efek antagonistik kalsium.

Cara penggunaan
Ambil daun 2,5-4,5 g (daun kering) atau 15-30 (daun segar), lalu direbus dan diminum.
Sebenarnya masih banyak obat herbal yang digunakan untuk mengobati diare seperti daun salam dan sambiloto yang insyaallah akan kita bahas nanti.

Referensi
Depkes RI, Materi Medika Indonesia jilid 1.
Depkes RI, Acuuan Sedian Herbal.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Site Info

Followers

Obat Herbal Indonesia Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template